Doa untuk Pemulihan Kesehatan dan Panjang Umur

Manusia lemah dan rentan terhadap penyakit. Pada satu waktu atau yang lain, ia dapat menghadapi bencana. Jika dia tidak jatuh sakit dia bisa mengalami kecelakaan. Tidak ada yang bisa menghalanginya jika ALLAH menghendaki baginya kesulitan melaluinya. Bersabar dan berdoa agar sembuh dari penyakit adalah hal terbaik yang bisa dilakukan seorang pria. Membaca doa-doa untuk kesehatan dan pemulihan adalah semua kebutuhan pasien.

Ada sejumlah hadis yang menyebutkan perbedaan doa tentang kesehatan, kesembuhan, dan menjenguk orang sakit. 

Doa untuk Kesehatan dan Pemulihan dalam Hadits

Anas melaporkan bahwa ketika Nabi keluar dari jamban dia berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan bahaya dariku dan menjagaku dalam kesehatan.”

Doa yang disebutkan dalam hadits di atas dan di bawah:

 الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الأَذَى وَعَافَانِ

Al'hamdulillahillazee Azhaba 'Anni Azaa Wa' Aafaani

Segala puji bagi Tuhan yang telah menghilangkan bahaya dariku dan menjagaku dalam kesehatan.

Diriwayatkan bahwa Anas bin Malik Radi ALLAHu 'Anhu berkata:

“Setiap kali Nabi keluar dari toilet, dia akan mengatakan: 'Al-hamdu lillahilladhi adhhaba 'annial-adha wa 'afani (Segala puji bagi Allah yang telah membebaskan saya dari najis dan memberi saya kesehatan yang baik).'”

Sunan Ibn Majah 301 | Grade : Da’if (Darussalam)

Dikisahkan oleh Abu Bakar:

Abdur Rahman bin Abu Bakrah berkata bahwa dia berkata kepada ayahnya: Wahai ayahku! Saya mendengar Anda berdoa setiap pagi: “Ya ALLAH! Beri aku kesehatan dalam tubuhku. Ya Allah! Beri aku pendengaran yang baik. Ya Allah! Beri aku penglihatan yang bagus. Tidak ada Tuhan selain Engkau.” Anda mengulanginya tiga kali di pagi hari dan tiga kali di malam hari.

Dia berkata: Saya mendengar Rasulullah menggunakan kata-kata ini sebagai permohonan dan saya ingin mengikuti praktiknya.

Pemancar, Abbas, mengatakan dalam versi ini:

Dan kamu berkata: “Ya ALLAH! Aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dan kemiskinan. Ya Allah! Aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Tiada Tuhan selain Engkau”. Anda mengulanginya tiga kali di pagi hari dan tiga kali di malam hari, dan menggunakannya sebagai permohonan. Saya suka mengikuti latihannya.

Dia berkata: Rasulullah bersabda: Doa yang digunakan oleh orang yang sedang kesusahan adalah: “Ya ALLAH! Rahmat-Mu adalah apa yang saya harapkan. Jangan tinggalkan aku untuk diriku sendiri untuk sesaat, tetapi menempatkan semua urusan saya dalam urutan yang baik untuk saya. Tidak ada Tuhan selain Engkau.” Beberapa pemancar menambahkan lebih dari yang lain.

Sunan Abi Dawud 5090 | Grade : Hassan in Chain (Al-Albani)


Seseorang harus membaca doa di atas tiga (3) kali.

Ibn 'Umar Radi ALLAHu 'Anhu meriwayatkan, 'Rasulullah biasa berdoa dengan mengatakan,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

“Ya ALLAH! Aku berlindung kepada-Mu dari terhalangnya nikmatmu, menurunnya kesehatan yang telah engkau berikan, dari pembalasanmu yang tiba-tiba dan dari segala bentuk kemurkaanmu.”

KitaburRafaaq Saheeh Rawah Muslim 2739 Wakazaa Waq'a Fee “Al-Saleheen”: Fajaat, Wawaq'a Fee Muslim: Faja-at, Wa-hama Lughtaan, Wal Murad: Bughtat

Doa Nabi Ayub AS

Ayyoob Alayhis Salam menderita penyakit berat seperti kusta yang menyerang seluruh tubuhnya kecuali jantung dan lidah. Dalam kondisi sengsara ini pun ia menghabiskan waktunya dengan berdoa dan mengucap syukur kepada ALLAH Ta'ala dengan hati dan lidahnya.

Karena penyakit serius ini, semua kerabat, teman, dan tetangganya menghindarinya dan menempatkannya di dekat tempat pembuangan sampah di luar kota. Tidak ada yang mendekatinya kecuali istrinya yang dulu merawatnya.

Dalam Al-Qur'an, Surat Al-Anbiya Ayat #83

رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Rabbahu Annee Massaniya- al ddurru Wa-Anta Arhamu- al rrahimeen a

“Sesungguhnya musibah telah menimpaku, dan Engkau Maha Penyayang di antara para penyayang.”

Al-Qur'an hanya memberi tahu kita bahwa dia menderita penyakit serius tetapi dia menanggung penderitaannya dengan tabah. Akhirnya ia berdoa kepada ALLAH untuk kesembuhan yang dikabulkan. Selama sakitnya, semua anggota keluarga dan teman-temannya menghilang.

Mereka baik mati atau hanya meninggalkan dia untuk nasibnya. Kemudian ALLAH Ta'ala memulihkan kesehatannya hingga sempurna dan mengembalikan semua anaknya dan juga jumlah yang sama sebagai tambahan.

Seseorang harus bersabar dan bersyukur kepada ALLAH Ta'ala dari lubuk hatinya untuk apa pun yang dia miliki. Dan terus membaca doa tempat tinggal Ayyoob Alayhis Salam sebanyak yang dia bisa.

Doa untuk Transliterasi dan Terjemahan Kesehatan:

Arab:

دَعَوَاتُ الْمَكْرُوبِ اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي

طَرْفَةَ عَيْنٍ وَأَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Ya Allah! Rahmat ANDA adalah apa yang saya harapkan. Jangan tinggalkan aku untuk diriku sendiri untuk sesaat, tapi bereskan semua urusanku dengan baik untukku. Tidak ada Tuhan selain ANDA!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Suplemen Kesehatan Mata

Inspirasi Buket Jajanan yang Bisa Jadi Ide Bisnis

Pentingnya Etika Bisnis dalam Kesuksesan Jangka Panjang