Rasional Pemasaran Internet Untuk Usaha Kecil Menengah Lokal

Dasar Pemikiran Pemasaran Internet untuk Bisnis Kecil hingga Menengah kira-kira seperti ini. Semakin banyak orang datang online dan mengkonsumsi lebih banyak media online mereka setiap hari.

Pengguna ini membeli lebih banyak secara online sekarang daripada sebelumnya dengan banyak yang mengandalkan Internet sebagai sumber utama produk lokal dan sumber informasi layanan mereka. 

Pemasaran Internet untuk UKM sangat penting, terutama untuk bisnis layanan lokal yang bersaing untuk menangkap segmen pasar lokal mereka yang sedang tumbuh, yaitu pembeli online dan mereka yang beralih ke internet terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi bisnis lokal. Bisnis yang berinvestasi dalam pemasaran online dapat memperoleh keunggulan kompetitif dengan memposisikan bisnis mereka ke segmen pasar yang berkembang.

Pemasaran internet memungkinkan UKM lokal untuk menjangkau lebih banyak pengguna seperti saat ini di AS, 3 dari 4 sedang online. Lebih dari 90% dari 170 juta+ pengguna Internet AS mengakses konten multimedia mereka melalui koneksi Internet berkecepatan tinggi. Koneksi berkecepatan tinggi ini memungkinkan pengalaman media yang kaya termasuk game online, video dan audio berkualitas digital, serta aplikasi bisnis kompleks yang berjalan dengan gesit seolah-olah dijalankan secara lokal. Selama beberapa tahun terakhir, konsumsi media online AS rata-rata hampir dua kali lipat dari 2,1 jam/hari menjadi 3,8 jam/hari. Dengan meningkatnya konsumsi media online, datanglah peningkatan penjualan online. Faktanya, Departemen Perdagangan AS memperkirakan bahwa, per November 2009, eCommerce telah mencapai 3,7% dari keseluruhan penjualan ritel AS dibandingkan dengan,8% pada tahun 2000, mewakili pertumbuhan 362% selama periode tersebut.

Mempercepat ekspansi media online dan meningkatkan pentingnya pakar pemasaran internet untuk UKM adalah munculnya jejaring sosial populer seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Kecuali Anda mengkonsumsi nol media dalam hidup Anda, Anda pasti pernah mendengar tentang jejaring sosial yang sangat populer ini. Ledakan konten buatan pengguna yang sangat terspesialisasi yang tersedia di jejaring sosial ini dan situs populer lainnya seperti YouTube telah meningkatkan ketergantungan orang pada Internet, yang bagi banyak orang, telah menjadi sumber utama informasi bisnis lokal mereka.

Karena semakin banyak bisnis dan konsumen beralih ke Internet terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi produk dan layanan lokal, Pemasaran Internet untuk UKM menjadi semakin penting, terutama jika bisnis tersebut adalah bisnis layanan lokal di mana visibilitas online ke pasar lokal adalah kuncinya. Bisnis jasa lokal, khususnya, perlu memastikan bahwa bisnis mereka tercantum dalam hasil penelusuran lokal untuk mesin telusur lokal terpopuler.

Sebagai contoh, bayangkan Anda adalah penasihat keuangan yang membangun praktik layanan di wilayah Albany, NY. Untuk periklanan, dapat dibayangkan berinvestasi dalam media cetak (halaman kuning, surat kabar, majalah, dll.) mungkin TV, Radio, dan bahkan mungkin iklan luar ruangan (billboard), tetapi terlambat untuk permainan Internet Marketing. Sekarang bayangkan calon investor lokal sedang online dan melakukan penelusuran berikut di mesin telusur lokal populer: "penasihat keuangan, Albany, NY".

Jika Anda menjalankan pencarian ini di mesin pencari lokal populer mana pun, Anda akan melihat daftar pesaing untuk calon investor yang melakukan pencarian ini panjang. Bisnis yang tidak ada dalam hasil pencarian pada dasarnya tidak terlihat oleh orang yang menggunakan pencarian lokal untuk menemukan penasihat keuangan. Segmen pasar yang online lebih dulu ini adalah segmen pasar yang substansial, banyak yang mempercayainya sebagai mayoritas, dan mungkin yang lebih penting, segmen pasar yang secara aktif mencari produk dan layanan untuk diteliti dan akhirnya dibeli. Prospek semacam ini yang dikumpulkan melalui blog pemasaran internet sangat berharga karena mereka secara aktif mencari layanan yang ditawarkan oleh bisnis online.

Kesimpulannya adalah bahwa pemasaran Internet merupakan peluang besar bagi UKM lokal, khususnya bisnis layanan lokal. Pemasaran Internet, dan khususnya, pencarian lokal seperti yang diilustrasikan dalam contoh di atas, memberikan visibilitas yang berharga ke segmen pasar lokal yang berkembang, segmen yang beralih ke Internet terlebih dahulu untuk mencari informasi tentang produk dan layanan lokal yang diminati.

Solusi pemasaran internet untuk usaha kecil dan menengah terjangkau dengan hasil yang dapat diukur secara langsung. Memulai dapat membutuhkan biaya kurang dari satu iklan cetak.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Suplemen Kesehatan Mata

Inspirasi Buket Jajanan yang Bisa Jadi Ide Bisnis

Pentingnya Etika Bisnis dalam Kesuksesan Jangka Panjang